Permainan Anak

Diposting oleh Unknown on Jumat, 05 Juni 2015

 Permainan Anak
Permainan merupakan suatu kegiatan yang lazim dilakukan anak. Permainan anak ini meruapakn suatu kebutuhan bagi anak-anak. Anak merupakan masa dimana semua kegiatan dianggap suatu permainan, sehingga ketika anak tidak mengalami permainan maka anak tersebut akan mengalami perbedaan dengan anak yang lainnya. Sehingga para orang tua harus memberikan permainan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan si anak. Orang tua harus bisa memilih dan memililah permainan mana yang boleh dilakukan oleh anak dan mana yang tidak boleh. Karena permainan bisa berpengaruh terhadap perkembangan mental anak.
Dari beberapa para ahli, ternyata anak mempunyai  typer permainan anak itu sendiri, dan bisa kita lihat dari empat type bermain si anak:
Solitaire Play
Terkadang para orang tua merasa terkejut dengan kelakuan si anak, ketika bermain boneka atau barang lainnya, anak tersebut suka berbicara sendiri seperti ada orang lain yang mengajak main. Namun, prilaku tersebut merupakan salah satu sikap yang wajar yang ditimbulkan oleh si anak. Sehingga para orang tua tida perlu merasa kaget dengan perilaku anak tersebut.
Parallel Play
Parallel Play merupakan jenis bermain anak, dimana anak sudah bisa melihat bahkan mengenali orang lain. Jenis type ini biasanya terlihat ketika para orangtua mengajak anaknya bermain dengan anak-anak yang lainnya. Namun, disini mereka tidak melakukan permainan bersama-sama, melainkan mereka asik dengan benda atau permainan yang mereka lakukan sendiri, walaupun berada diruangan atau tempat yang sama tapi mereka tidak memperdulikan dengan anak atau orang lain disekitarnya.
Practice Play
Jenis type permainan yang tiga ini, merupakan dimana  anak mengikuti apa yang dilihatnya, seperti ketika ada burung atau kucing mereka akan menirukan prilaku burung atau kucing tersebut. Karena hal tersebut, merasa asing dan aneh bagi anak sehingga mereka sanggat tertarik untuk mengikutinya. Penurut beberapa para ahli, pada type ini permainan bisa menyebabkan rangsangan sistem motorik bagi anak.
Pratend Play
Jenis yang terakhir ini merupakan hal yang sangat intim bagi perkembangan anak, baik secara akal maupun pikiran. Disini anak akan mengikuti segala hal yang dilakukan oleh idolanya, seperti power raenger, maka si anak akan berprilaku seperti power ranger. Walaupun disini anak melakukannnya secara pura-pura, namun tetap saja perlu di awasi. Sehingga disinia peran orang tua sangat penting, untuk membimbing anaknya baik dari lingkungan maupun tontonan. Karena, perkembangan zaman yang sedemikian rupa, maka orang tua perlu lebih extra memantau perkembangan anak. Jangan membiarkan anak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan prilakunya. Menurut para ahli, anak kecil merupakan pengikuti yang paling cepat, kerena mereka belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Walaupun demikian orangtua tidak boleh melarang anaknya untuk bermain, permainan anak yang sesuai merupakan hal yang harus diperhatikan bagi kedua orang tua.




{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar