Permainan Anak TK

Diposting oleh Unknown on Senin, 08 Juni 2015

Permainan Anak TK


Setiap orang mempunyai caranya masing-masing dalam memahami suatu pelajaran atau pengatahuan, ada yang menggunakan cara mendengarkan, ada yang lewat visual atau lain sebagainya. Sehingga  al tersebut berpengaruh terhadap anak TK. Anak TK lebih menyukai bermain dari pada belajar mendengarkan guru yang menjelaskan. Oleh karena itu, guru harus bisa mensiasati agar anak bisa memahami pelajaran yang akan disampaikan dengan metode bermain sambil belajar. Ada beberapa permainan Anak TK yang bisa bermanfaat bagi anak, seperti :

Menebak Benda dalam Kantong
Guru bisa memberikan permainan ini terhadap anak, baik dalam ruangan maupun diluar ruangan. Pada permainan ini guru harus menyediakan beberapa alat untuk memulai permainan ini, seperti kantong untuk menyimpan benda dan penutup mata untuk menutupi mata anak yang diajak bermain. Pertama, guru pilih salah satu anak untuk bermain menebak benda dalam kantong, setelah itu tutup mata anak tersebut. Kemudian guru memasukan benda kedalam kantong yang telah disediakan, benda yang ditebak bisa berupa bumbu dapur, peralatan sekolah dan lain sebagainnya. Dalam permainan tersebut anak bisa meraba dan mencium benda yang ada didalam kantong tersebut. Setelah berhasil usahakan guru memberikan apresiasi kepada anak, minimal menyuruh teman-temannya untuk bertepuk tangan, namun kalau anak tidak bisa mendebak, terus saja motivasi anak.

Sambung Kata
Dalam permainan ini guru tidak perlu menyiapkan peralatan sama sekali, dalam permainan ini guru bisa membuat anak untuk membuat lingkaran. Dalam permainan ini guru bisa memulai dengan memberikan contoh untuk membuat kalimat, dan akhir kata dari kalimat tersebut dibuat lagi oleh orang yang berada disampingnya. Contoh :” Orang A: ibu pergi kepasar. Orang B: Pasar dikampung rame sekali.” Itu contoh dari permainan tersebut. Dan permainan tersebut bisa membuat anak berpikir untuk membuat kata-kata, sehingga sangat baik untuk merangsang sistem motorik anak.

Melukis
Permainan ini sudah tidak asing lagi dimata guru maupun anak, karena permainan ini bisa dilakukan kapan saja. Guru bisa menyuruh anak untuk menggambar apa saja yang mereka sukai, seperi membuat gunung, sawah, super hero, motor, mobil dan lain sebagainnnya selama hal tersebut bermanfaat. Karena dalam melukis ini anak akan berikir membuatnya. Gurupun usahakan menyuruh anak agar tidak mencontek gambar lain. (Baca : Permainan Anak Sekolah)

Bernyanyi
Bernyanyi merupakan kebiasaan yang dilakukan anak agar menghilangkan stres pada anak. Namun, guru harus membuat permainan anak bernyanyi agar anak tidak bosan untuk melakukannya. Seperti guru mengajak anak untuk bernyanyi, namun ditengah-tengah lagu guru menyetop mereka untuk beryanyi, namun anak tidak boleh bergerak selama guru belum menginstrusikan untuk memulainnya.
Masih banyak lagi Permainan Anak TK yang bisa guru lakukan, namun usahakan agar permainan tersebut bermanfaat bagi perkembangan anak, dan jangan lakukan permainan-permainan yang berbahahaya. Itulah artikel mengenai Permainan Anak TK semoga bermanfaat!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar